Kamis, 28 Februari 2013

desain tangki asam sulfat


Salah satu permasalahan dari pabrik asam sulfat adalah korosi pada storage tank. Asam sulfat pekat 98% sangat higroskopis sehingga mudah sekali menyerap air dari udara. Adanya air (H2O) ini dapat memicu terjadinya korosi pada tangki. Korosi ini selain menyebabkan rendahnya umur pakai tangki, juga menyebabkan tingginya kadar Fe dalam asam sulfat sehingga kualitasnya turun. 
 
Korosi dapat dicagah dengan menggunakan tangki dari baja tahan karat (SS-316) atau dengan mencegah udara basah masuk kedalam tangki. SS-316 merupakan material yang mahal, oleh karena itu cara ini kurang diminati. Untuk menghindari udara basah masuk kedalam tangki, maka perlu ditambahkan « pengering udara ». Berikut ini desain untuk inlet box yang pada dasarnya adalah untuk mencegah udara basah masuk kedalam tangki penyimpanan.
 
Udara basah dan asam sulfat pekat masuk kedalam inlet box ini sebelum masuk ke storage tank. Pelarutan air akan terjadi di inlet box ini sehingga udara yang masuk ke dalam storage tank dalam keadaan kering.sehingga, kemungkinan terjadinya korosi akan terjadi dalam storage tank dapat dihindari.
 
Karena terjadi pelarutan asam sulfat dalam inlet box, maka korosi akan terjadi di tempat ini. Untuk menghindari hal itu, maka dapat digunakan SS-316 untuk inlet box. Dimensi inlet box ini dirancang relatif kecil sehingga harganya tidak terlalu mahal walaupun menggunakan SS-316. Berikut ini gambar inlet box.
 

 http://chemical-engineer.digitalzones.com/inletbox.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar