Jumat, 01 Maret 2013

Pembuatan Asam Sulfat (Proses Kontak)


Proses Pembuatan Asam Sulfat (Proses Kontak), langkah Pembuatan Asam Sulfat (Proses Kontak), prosedur Pembuatan Asam Sulfat (Proses Kontak), Asam Sulfat dengan Proses Kontak, skema pembuatan asam sulfat menurut proses kontak?, Proses bilik timbal pembuatan asam sulfat?, asam sulfat dan apa pengertiannya akan dijelaskan berikut ini: Pembuatan Asam Sulfat Menurut Proses Kontak Industri lainnya yang berdasarkan reaksi kesetimbangan yaitu pembuatan asam sulfat yang dikenal dengan proses kontak. Reaksi yang terjadi dapat diringkas sebagai berikut:

Pertama, belerang dibakar menjadi belerang dioksida.
S(s) + O2(g) —-> SO2(g)

Belerang dioksida kemudian dioksidasi lbh lanjut jd belerang trioksida.
2SO2(g) + O2(g) <====> 2SO3(g)……. delta H= -98 kJ

Reaksi ini berlangsung pd suhu sekitar 500 derajat C, tekanan 1 atm dgn katalisator V2O5. Kemudian gas SO2 dilarutkan dlm asam sulfat pekat hingga jd asam sulfat pekat berasap (dsb oleum, H2SO4.SO3 atau H2S2O7).

SO3(g) + H2SO4(l) ——-> H2S2O7(l)
H2S2O7(l) + H2O(l) ——> 2H2SO4(l)

Dari proses kontak ini lalu akan terbentuk asam sulfat pekat dgn kadar 98%
Tahap penting dalam proses ini adalah reaksi (2). Reaksi ini merupakan reaksi kesetimbangan dan eksoterm. Sama seperti pada sintesis amonia, reaksi ini hanya berlangsung baik pada suhu tinggi. Akan tetapi pada suhu tinggi justru kesetimbangan bergeser ke kiri.

Pada proses kontak digunakan suhu sekitar 500oC dengan katalisator V2O5. sebenarnya tekanan besar akan menguntungkan produksi SO3, tetapi penambahan tekanan ternyata tidak diimbangi penambahan hasil yang memadai. Oleh karena itu, pada proses kontak tidak digunakan tekanan besar melainkan tekanan normal, 1 atm.

http://runtah.com/pembuatan-asam-sulfat-proses-kontak/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar