Saturday 16 March 2013

Kertas dan Pembuatannya


Mulai dari menulis, memfotocopy, mengeprint  sampai dengan menggambar kita takkan terpisahkan dengan namanya kertas. Kertas sekarang menjadi komuditi yang sangat dibutuhkan. Kertas pertama kali ditemukan di negara tirai bamboo, China,  sekitar 101 masehi. Adalah  Tsai Lun yang menemukan kertas yang berbahan dasar pulp (serat) bambu yang sangat mudah ditemukan seantero China. Itulah kenapa China disebut dengan negeri tirai bambu.
Barulah pada Tahun 1814, Friedrich Gottlob Keller menemukan proses mekanik pembuatan pulp (bahan yang berupa serat yang berasal dari alam) dari kayu, tapi kualitas kertas yang dihasilkan masih rendah. Sekitar tahun 1853-1854, Charles Wattdan Hugh Burgess mengembangkan pembuatan kertas dengan menggunakan proses soda. Tahun 1857, seorang kimiawan dari Amerika bernama Benjamin Chew Tilghmanmendapatkan British Patent untuk proses sulfit. Pulp yang dihasilkan dari proses sulfit ini bagus dan siap diputihkan.
Sejalan dengan disempurnakannya proses industri kertas yang berkembang berabad-abad, penggunaan kertas terus berkembang pesat dikarenakan potensinya yang istimewa. Kertas dapat dibuat dari beragam serat, seperti serbuk gergaji, serutan kayu, daun kering, bubuk kayu, kulit jagung, dan sebagainya. Saat ini kertas digunakan untuk tujuan dan fungsi yang tak terbatas.
Selain bahan dasarnya yang variatif ukuran kertas juga variatif, seperti kertas dengan ukuran A-0, A-1, A-2, A-3, A-4; ketebalan kertaspun bervariasi, misalnya: kertas HVS dengan berat 60 gram, 70 gram, 80 gram; kertas karton dengan ketebalan 2 milimeter, 3 milimeter, 4 milimeter dan 5 milimeter.
Di samping itu warna-warna kertas yang tersedia di toko juga sangat beragam, ada kertas yang menggunakan pewarna alam yang bernuansa natural, dan ada pula yang menggunakan pewarna sintetik (kimia) yang kaya warna dengan nuansa yang variatif.
Sebenarnya perkembangan era digital telah banyak mengurangi penggunaan kertas karena jumlah buku semakin sedikit. Namun Faktanya lain,justru banyak bermunculan surat kabar baru yang masih menggunakan kertas sebagai sarana percetakannya.
Terdapat 2 metoda pembuatan pulp kertas  dengan proses kimia, yaitu:
Metoda proses basa
Termasuk di sini adalah:
 - proses soda
 - proses sulfat
Metoda proses asam
Yang termasuk proses asam adalah proses sulfit
Proses Basa
Bahan baku yang telah dipotong kecil-kecil dengan mesin pemotong, dimasukkan dalam sebuah bejana yang disebut "digester."
Dalam larutan tersebut dimasukkan larutan pemasak:
- NaOH 7%, untuk proses soda
- NaOH, Na2S dan Na2CO3 untuk proses sulfat
Pemasakan ini berguna untuk memisahkan selulosa dari zat-zat yang lain.
Reaksi sebenarnya rumit sekali, tetapi secara sederhana dapat ditulis:
Larutan pemasak
Kayu ———————————> pulp (selulosa) + senyawa-senyawa alkohol + senyawa-senyawa asam + merkaptan + zat-zat pengotor lainnya.
Kemudian campuran yang selesai dimasak tersebut dimasukkan ke dalam mesin pemisah pulp dan disaring. Pulp kasar dapat digunakan untuk membuat karton dan pulp halus yang warnanya masih coklat harus dikelantang (diputihkan/dipucatkan). Pemucatan dilakukan dengan menggunakan Kaporit atau Natrium hipoklorit. Perlu diperhatikan bahwa, bahan-bahan kimia yang sudah terpakai tidak dibuang, tetapi diolah kembali untuk dipakai lagi. Hal ini berarti menghemat biaya dan mencegah pencemaran lingkungan
Reaksi kimia yang penting dalam pengolahan kembali sisa larutan tersebut adalah :
Na2SO4 + 2 C ———————————> Na2S + 2 CO2
Na2CO3 + Ca(OH)2 ———————————> 2 NaOH + CaCO3
Proses Asam
Secara garis besar, proses sulfit dilakukan melalui tahap-tahap yang sama dengan proses basa. tetapi larutan yang digunakan adalah:
SO2, Ca(HSO3)2 dan Mg(HS03)2
Pembuatan Kertas
Pulp yang sudah siap, diolah dengan bahan-bahan penolong seperti perekat damar, kaolin, talk, gips, kalsium karbonat, tawas aluminium, kertas bekas, zat warna dan lain-lain, untuk kemudian diproses menjadi kertas, melalui mesin pembentuk lembaran kertas, mesin pengeras dan mesin pengering.
Karena kertas menggunakan bahan dasar pulp dari kayu maka penggunaannya harus dilakukan sejara bijaksana karena  Semakin banyak kita menggunakan kertas berarti kita semakin lebih cepat menyumbangkan kerusakan hutan yang ada di Indonesia bahkan di dunia ini, maka berhemat kertas merupakan salah satu solusi untuk mengurangi dampak kerusakan hutan, serta mengurangi dampak  pemanasan global. (Muslim Budi P)
Sumber :
http://jasa-cetakan.blogspot.com/2009/05/pengetahuan-tentang-kertas.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kertas
http://kambing.ui.ac.id/bebas/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Kimia/0205%20Kim%202-6h.htm
http://www.anneahira.com/industri-kertas.htm
http://berita-iptek.blogspot.com/2008/05/proses-pembuatan-kertas.html
http://www.tipsh4re.com/2011/11/tips-menghemat-penggunaan-kertas.html
Sumber Gambar:
http://www.forestindustries.fi/infokortit/Pulp_industry/Pages/default.aspx

3 comments:

  1. Salam kenal, Kak.
    Wah postingan kakak tentang pulp kertas ini bermanfaat banget buat saya. Kebetulan saya mau buat proposal tentang pembuatan pulp dan kertas dari limbah yang ada di sekitar rumah aja. Kalau boleh minta sarannya, bahan/limbah apa ya yang harus saya gunakan sebagai bahan baku? Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete
  3. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    Coagulan
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Coagulant
    Flokulan,nutrisi, bakteri
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    ReplyDelete