Rabu, 03 April 2013

Proses Pembuatan Kloroform dari Etanol


Kloroform adalah kimia relatif non-reaktif yang digunakan dalam berbagai laboratorium untuk pekerjaan penelitian, industri seperti pewarna, pestisida, dan obat-obatan. Kloroform disebut juga haloform karena brom dan klor juga bereaksi dengan metil keton yang menghasilkan masing-masing bromoform (CHBr3) dan kloroform (CHCl3), hal ini disebut dengan haloform (CHX3), maka reaksi ini sering disebut haloform.
Kloroform dapat dibuat melalui proses klorinasi pada metana, kloroform tidak dapat larut dalam air namun merupakan pelarut yang efektif bagi senyawa organik. Dalam pembuatan kloroform perlu diperhatikan beberapa hal diantaranya dengan adanya sinar matahari dan oksigen dari udara dapat mengakibatkan kloroform teroksidasi menjadi gas yang bersifat racun, maka untuk menghindari hal tersebut, klorofrom harus disimpan dalam botol yang berwarna coklat yang di dalamnya juga terdapat etanol antara 0,5-1%.
Senyawa klorofrom adalah senyawa haloalkana yang mengikat tiga atom halogen klor pada rantai C-nya. Senyawa kloroform dapat dibuat dengan bahan dasar berupa senyawa organik yang memiliki gugus metil yang terikat pada atom C karbonil atau atom C hidroksi yang direaksikan dengan pereaksi halogen dalam hal ini klor (Cl2). Beberapa senyawa yang dapat menghasilkan kloroform yaitu etanol, butanol, 2-propanol, propanon, 2-butanon. Halogenasi sering berjalan secara eksplosif dan hampir tanpa kecuali menghasilkan campuran produk, karena hal inilah yang menyebabkan halogenasi jarang digunakan pada laboratorium. Sintetis kimia kloroform dilakukan oleh eksploitasi dari proses klorinasi dimana campuran klorin dan etanol dipanaskan bersama-sama. 
Prosedur-prosedur percobaan yaitu awalnya dimasukkan etanol ke dalam reaktor pada temperatur 65C, kemudian dialirkan gas klorin ke dalam reaktor yang telah berisi etanol tersebut,kemudiaan campuran diaduk dengan rata, dan uap hasil pemanasan dari reaktor didinginkan hingga berubah menjadi fasa cairan. Dimasukkan larutan kalium klorida CaClCairan kloroform yang terbentuk disimpan dalam botol berwarna coklat yang berisi beberapa ml etanol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar